KERUPUK MIE

Kerupuk adalah salah satu penganan pelengkap bagi orang Indonesia.Banyak penganan tradisional menggunakan kerupuk sebagai pelangkap hidangan. Kerupuk dapat dibuat dari berbagai macam bahan,antara lain ikan,mlinjo ,kulit kerbau,ataupun hanya tepung sebagai bahan utamanya.Kerupuk mie adalah salah satu dari sekian banyak jenis kerupuk di Indonesia,kerupuk ini biasa menjadi bahan pelengkap dalam panganan seperti asinan .Dinamakan kerupuk mie bukan berarti terbuat dari bahan utama mie tetapi bagian tengah yang pipih panjang persis seperti mie maka disebut kerupuk mie.Kerupuk ini biasanya berwarna kuning,untuk pengolahannya bisa digoreng minyak maupun digoreng menggunakan pasir.Tentu dengan pengolahan menggunakan pasir lebih aman bagi anda yang menghindari makanan berkolesterol.Bentuknya ada yang berdiameter kecil sekitar 6 cm sampai yang agak besar berdiameter 13 cm. Tepung tapioca adalah bahan utama dari kerupuk ini disamping pewarna dan bahan pelengkap lainya.Selain diolah sebagai kerupuk ,kerupuk ini bisa diolah sebagai masakan ,yang simple saja dibuat tumis kerupuk mie.
Caranya: ambil 5 buah kerupuk mie mentah rendam kerupuk mentah kedalam air hangat-hangat kuku tapi sebelum direndam patah-patahkan terlebih dulu menjadi 5 atau 4 bagian jika anda menggunakan kerupuk yang berdiameter 13 tetapi bila menggunakan yang ukuran kecil patahkan menjadi 2 bagian saja.Untuk bumbunya siapkan cabe merah 5 buah (jika anda suka pedas),3 siung bawang merah 2 siung bawang putih. Masukan bawang putih bawang merah dan cabai yang telah dipotong-potong kedalam minyak goreng,tumis sampai harum. Kemudian masukan krupuk mie (pastikan telah lembek).tambahkan garam,gula pasir dan penyedap rasa masak sampai minyak berkurang(Jangan ditambahkan air).

Untuk pengrajin kerupuk itu sendiri tersebar dibeberapa kota,seperti di Kab Tegal.Untuk pemasaran sampai ke daerah Jakarta,Semarang mau pun Bandung.Produksi kerupuk ini bisa mencapai 5 ton per hari,tentu tergantung dengan cuaca yang mendukungnya.

 

 

3 Balasan ke KERUPUK MIE

  1. asepsafaat mengatakan:

    makasih ya atas infonya

  2. arif mulyadi mengatakan:

    mas saya lebih tertarik pada pembuatan krupuk mi.minta tolong dong kasih resep pembuatan krupuk mi yang mantap..terima kasih

  3. Ipung mengatakan:

    buat kerupuk pangsit lebih mudah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: