TENTANG GULA MERAH / PALM SUGAR

*
Gula Merah/Palm Sugar/ Gula Jawa
berdasarkan bahan dasar pembuatannya dibedakan atas
1. Gula Kelapa ==> bahan dasar dari Nira Kelapa
2. Gula Aren ==> Bahan Dasar dari Nira Aren
3. Gula tebu ==> Bahan Dasar dari Tebu (lebih gampang cair)
Anda tahu Nira itu apa?.. dibawah ini sedikit penjelasan mengenai nira.
Nira merupakan cairan manis yang terdapat di dalam bunga tanaman aren, kelapa dan lontar yang pucuknya belum membuka dan
diperoleh dengan cara penyadapan.
Pada umumnya masyarakat memanfaatkan nira aren dan nira kelapa untuk pembuatan gula merah/gula jawa dan gula semut, selain itu dapat digunakan sebagai minuman segar baik dari niranya langsung maupun nira yang dibuat sirup.
Nira aren dan nira kelapa mempunyai beberapa perbedaan dari segi warna, aroma, rasa maupun kadar kotorannya.
Nira aren terasa lebih manis, lebih jernih dan lebih segar daripada nira kelapa, namun jumlah padatan terlarut nira kelapa
lebih tinggi daripada nira aren (Dyanti, 2002).
Kandungan Gula Jawa:
– Serat pada warna coklatnya
– Kalori
– Kalsium
– protein kasar
– mineral
– vitamin
– senyawa-senyawa yang berfungsi menghambat penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.
Syarat Gula merah yang sehat untuk di konsumsi berdasar UJI STANDART SNI.013743.1995
Bau : Normal
Rasa : Normal, Khas
Warna : Kuning sampai kecoklatanAir : Max. 10%bb
Abu : Max. 2%bb
Gula produksi : Max. 10%bb
Jumlah Gula Sebagai Sakrosa : Min. 77%bb
Bagian Yang Tak Larut Dalam Air : Max. 1%bb
Cemaran Logam
– Seng (Zn) : Max 40 mg/kg
– Timbal (Tb) : Max 2 mg/kg
– Tembaga (Cu) : Max 10 mg/kg
– Raksa (Hg) : Max 0,03 mg/kg
– Timah (Sn) : 0 mg/kg
- Cemaran Arsen (As) : Max 40 mg/kg
——————————————————————————————–

Nutrisi, Nilai per 100 gram porsi makanan

sumber http://www.asiamaya.com/nutrients/gulajawa.htm

Air : 1.6 g

Energi : 376 kcal

Energi, : 1573 kj

Protein, : 0 g

Total lemak, : 0 g

Karbohidrat, : 97.3 g

Serat, : 0 g

Ampas, : 0.9 g

Mineral

Kalsium, Ca, : 85 mg

Besi, Fe, :1.91 mg

Magnesium, : Mg, 29 mg

Phospor, P, : 22 mg

Potassium,K : 346 mg

Sodium, Na, : 39 mg

Seng, Zn, : 0.18 mg

Tembaga,Cu : 0.298 mg

Mangan, Mn, : 0.32 mg

Selenium,Se : 1.2 mcg

Vitamin

Vitamin C, asam ascorbic, : 0 mg

Thiamin, : 0.008 mg

Riboflavin, : 0.007 mg

Niacin, : 0.082 mg

Asam Pantothenic, : 0.111 mg

Vitamin B-6, : 0.026 mg

Folate, : 1 mcg

Vitamin B-12, : 0 mcg

Vitamin A, : 0 IU

Vitamin A, RE, : 0 mcg_RE

Vitamin E, : 0 mg_ATE

Lemak

Asam lemak jenuh, saturated, 0 g

4:0, 0 g

6:0, 0 g

8:0, 0 g

10:0, 0 g

12:0, 0 g

14:0, 0 g

16:0, 0 g

18:0, 0 g

Asam lemak tak jenuh, monounsaturated, 0 g

16:1, 0 g

18:1, 0 g

20:1, 0 g

22:1, 0 g

Asam lemak tak jenuh, polyunsaturated, 0 g

18:2, 0 g

18:3, 0 g

18:4, 0 g

20:4, 0 g

20:5, 0 g

22:5, 0 g

22:6, 0 g

Kolesterol, 0 mg

Bagi yang seneng ngopi;
NGOPI PAKE’ GULA KELAPA SERBUK LEBIH KENTAL DAN TERASA NIKMATNYA
MANIEZ SEDIKIT PAHIT CAMPUR GURIH woooww SEDAAA..PP
Resep:
kopi : 1 sendok teh
Crimer : 1 sendok teh
Gula merah serbuk : 1 sendok makan
air mendidih : 100 ml
KESULITAN CARI GULA MERAH SERBUK?!  ato ngn bekerja sama???
hubungi: hasilkebun@gmail.com
atau Call/SMS: 08522-6564-665
Distributor Wilayah Jabodetabek: Bpk Toni  0811152417
gul-jawa
About these ads

42 Balasan ke TENTANG GULA MERAH / PALM SUGAR

  1. Dian Kusumanto mengatakan:

    Ueenak tenan!! Kopi pake gula aren, apalagi kalau tambah jahe, tambah hangat. Badan yang capek-capek jadi segar kembali.
    Pohon Aren memang lagi ngetrend. Dulu Kanjeng Sunan Bonang sudah ngasih isyarat kepada ‘begal’ yang akhirnya menjadi Sunan Kalijogo, bahwa di pohon Aren itu ada emas!
    EEee.. sekarang, pada saat gula semakin mahal, bensin semakin langka, lapangan kerja semakin sulit, lahan semakin kritis karena dieksploitasi…dst., Aren datang sebagai alternatif. Prospek emas itu ternyata dari sang pohon Aren.
    Para peneliti telah lama mengabaikan, para petani pekebun mengacuhkannya, dianggap pohon Aren sepele dan remeh!! Kita semua bahkan lalai dan tak ambil peduli dengan isyarat Kanjeng Sunan Bonang itu.
    Malaysia ternyata sedang mengambil peluang ini dengan menyiapkan secara besar-besaran kebun Aren untuk Gula dan Bioethanol. Kelapa Sawit yang sudah banyak yang tua tidak diremajakan lagi, namun diganti dengan Kebun Aren. Konon Datuk Azis bekas pejabat Negara Bagian Sabah sudah mengembangkan sekitar 3.000 ha bekerja sama dengan investor Jepang, sekaligus tempat pemasarannya. Di Negara Bagian Serawak Malaysia juga tidak kalah getolnya mengembangkan Kebun Aren ini.
    Menurut para ahli potensi produksi nira 360.000 s/d 720.000 liter/tahun/ha. Bila niranya diolah menjadi 72 s/d 144 ton/tahun/ha gula merah. Kalau dijadikan Bioethanol FGE 99,5% menjadi 20.000 s/d 40.000 liter/tahun/ha.
    Bagaimana?? betul-betul bernilai laksana emas. Memang betul Kanjeng Sunan Bonang!! Anak cucumu ini memang amat bodoh dan telah melalaikan isyarat Kanjeng Sunan!!

  2. Arief Rachman mengatakan:

    Pak, emang bener kopi ditambah gula aren ueeenak benar…. ditempat saya kopi plus gula aren di sebut dengan “kopi misdok”…. kopi amis medok….atau kopi kental manis…..
    mangga

  3. suparno jumar mengatakan:

    Sugeng sore Pak Dian, bolehkah saya minta nomor kontak bapak? Sepertinya banyak yang nyambung ngomongin gula aren/ semut.
    Matur Nuwun.

  4. Aldinanda mengatakan:

    Ikutan nimbrung neh pak…ada yang membutuhkan gula kelapanya?
    saya punya stok dan bisa suplay rutin. kualitas super lebar 4-5 cm
    tinggi 1,5 – 2 cm kemasan pelastik isi 10kg. warna kuning kecoklatan, berkristal.

    Bagi yang membutuhkan hubungi saya via email aldy_nanda@yahoo.co.id atau Hp 085691488753

    Terimakasih

  5. ali asikin mengatakan:

    assalamu’alaikum…..

    salam kenal…. saya mengajak kerja sama untuk poroduk gula merah unguk saya pasang diblog saya http://www.asikinbusiness.blogspot.com dan kalau ada pembelian dari customer maka supplier langsung kirim ke alamat customer saya thank

    ali
    http://www.asikinbusiness.blogspot.com
    085691102524

  6. T Reddy mengatakan:

    Salam kenal

    Saya ingin tahu daerah manasaja penghasil gula merah (semua jenis :aren, tebu, kelapa)?, dan berapa kapasitas yang biasa dihasilkan dalam sehari oleh seorang petani gula?, biasanya dalam satu desa rata-rata berapa petani gula? apakah setiap petani gula memproduksi sama banyak? banyak mohon infonya ya ke trishareddy@windowslive.com.
    terima kasih

  7. trefani mengatakan:

    Salam kenal.

    Saya ingin meminta informasi dari siapa saja, apa2 saja sih bahan2 untuk membuat gula merah? gimana supaya gula merah tidak meleleh? dimana daerah penyedia bahan baku terbanyak yang bisa kita peroleh tiap hari? Mohon info nya di kirim ke trefani@yahoo.com. terima kasih banyak

  8. Gunawan Lahidin mengatakan:

    Tentang gula merah,

    Dari hasil pengamatan saya dilapangan, ternyata pembuatan gula merah dari nira kelapa banyak sekali yang memakai : Pengawet sodium metabisulfit ( biasa oleh petani gula disebut sebagai obat gula) dalam kadar yang melebihi takaran). Memakai campuran gula pasir atau molase ( gula tetes tebu ), supaya gula merah cepat menjadi keras. Memakai minyak sayur ( coba larutkan satu gula merah kedalam air panas, lalu lihat permukaan air panas tersebut.Memakai ampas kelapa, ampas kayu. Pada umumnya pabrik pembuat gula kelapa melakukan daur ulang cetak, sangat jarang sekali mengolahnya langsung dari Nira Kelapa cair, karena resiko gagal sangat tinggi ( gula tidak bisa mengeras = gulali/karamel ).Untuk mengetahui apakah gula merah itu murni, caranya, biarkan gula merah diatas meja, jika semut cepat datang, dapat diartikan gula tersebut baik mutunya, semakin banyak semut semakin tinggi kwalitasnya. Jika semut cuma satu dua saja atau tidak datang sama sekali, hati-hati dengan gula merah tersebut, mungkin banyak mengandung bahan campuran.

    Wassalam.

  9. hasilkebun mengatakan:

    Kenapa enggak coba coconut sugar produk hasilkebun??? boleh di uji dech….

  10. coco farmer mengatakan:

    Dear All…

    Senang sekali teman – teman bisa berbagi di rubrik yang disediakan hasil kebun. Mas Gunawan sangat jeli sekali melihat dari sudut pandang beliau. akan tetapi saya sangat yakin bahwa justru apabila masyarakat semakin aware terhadap gula merah campuran yang notabene sangat merugikan bagi kesehatan, maka sudah saatnya kita mencari yang asli. memang harga jualnya tidak bisa dibandingkan dengan pasar Traditional. akan tetapi produk ini bagi yang sayang akan kesehatan dan mengerti tentang manfaat gula merah tidak ada salahnya mencoba produk hasil kebun yang berupa gula serbuk cap semut yang notabene tidak ada campuran yang disebutkan mas Gunawan. dan tersedia pula untuk produk curahnya. thx.

  11. karim mengatakan:

    salam buat semua
    saya pernah mampir di suatu daerah,perbatasan jawa barat dan jawa tengah bagian selatan,tepatnya antara kabupaten banjar-ciamis dan kabupaten cilacap. daerah itu juga termasuk produsen gula merah. hanya yang disayangkan,sedikit sekali dari para produsen itu yang mengerti dan paham tentang kandungan mineral atau zat2 lain dalam gula merah itu sendiri. sehingga dalam proses pembuatannya pun,mereka tidak banyak tahu quality yang bagus atau kurang bagus. seandainya saja ada yang memberi pengarahan kepada mereka,bagaimana cara dan bahan yang bagus,saya yakin..quality dari produksi mereka akan mempunyai nilai jual yang baik. dan tentunya akan menambah penghasilan dari produsen tersebut.

  12. Setiadiana (Aan) mengatakan:

    Shalom…. Apa kabar pak Gun, lama tidak jumpa….saya senang sekali bisa melihat perkembangan gula merah yg pak Gun rintis sejak lama dan sdh bisa berkembang dg baik, memang saya melihat sendiri kalau produksi gula merah pak Gun ini benar2 dari nira kelapa asli tanpa pengawet apapun dan diolah dengan teliti. Dan yang terpenting gula merah ini juga berasal dari daerah yang terkenal baik hasil gula merahnya….Ok deh Pak Gun sukses selalu Tuhan Yesus Memeberkati… salam tuk anak2 Multipont (AAN)

  13. Santo mengatakan:

    berdasarkan pengamatan di lapangan dan dari beberapa literatur, dikatakan bahwa nira dari pohon kelapa/aren cenderung untuk terfermentasi secara cepat, alias cepat rusak, jika tidak menggunakan pengawet (bisulfit). Memang secara tradisional biasanya ada yang memakai pengawet alami berupa kapur sirih dan getah manggis, tapi pengawet alami ini daya awetnya tidak sebaik kalau pakai pengawet kimia. Sehingga jika menggunakan pengawet alami akan membuat pekerjaan pembuatan gula jadi lebih susah, harus 2x kerja, karena nira yg diambil harus segera dimasak. Untuk yg pakai pengawet alami umumnya nira harus diambil 2x sehari, inilah yg membuat lebih susah. Bandingkan dengan jika menggunakan pengawet kimia, nira cukup diambil 1x sehari.

    pekerjaan memanjat kelapa (penderes, kalo di jawa) adalah pekerjaan yang berat dan beresiko tinggi. Banyak penderes yg harus menemui ajalnya atau cacat permanen karena terjatuh dari pohon kelapa.

    Jadi lain kali kita beli gula jawa, ingatlah bahwa produk ini dihasilkan dari kucuran keringat dan bahkan mungkin nyawa manusia.

    ps:
    Bagi yg tau cara membuat gula jawa tanpa pengawet (yg alami sekalipun) mungkin bisa membagikannya di sini.

    trims.

  14. amir s. noer mengatakan:

    Kami membutuhkan palm sugar untuk menjadi salah satu campuran dalam pembuatan usaha kami yaitu kopi jahe dan kopi susu. terima kasih

  15. amir s. noer mengatakan:

    Kami mencari palm sugar kwalitas baik untuk usaha kami, untuk yang berminat mohon hubungi kami di (021)-7245825

    • anton mengatakan:

      saya ada palm sugar dengan kapasitas produksi 10-50 ton perbulan, apabila anda membutuhkan bisa menghubungi 085726045000/081226364475

    • bawa mengatakan:

      kami ada gula merah kwalitasnya sangat baik, di olah masih sangat tradisional lokasi kami di bali produksi kami memang tidak terlalu banyak, dan kami bisa menyediakan dalam bentuk batangan maupun yang sudah di haluskan (gula semut) mungkin klo bapak berminat bisa hubungi kami di 081337130808 ( narbawa@yahoo.co.id)

  16. M Taufik Saleh mengatakan:

    Kami lagi cari peluang bisnis tertarik memasarkan gula merah, saya berada di jakarta selatan bisakah saya ikut memasarkan dan bagaimana menghubunginya ? terima kasih

  17. coco farmer mengatakan:

    saat ini kami sedang merintis produk gula semut (kristal) yang bisa kami setting & bisa disesuaikan dengan pesanan (ada min qty-nya).

    sangat cocok bagi pengusaha kafe, pabrik minuman dengan bahan dasar gula merah dll yang membutuhkan spek tertentu. (call : 0811152417)

  18. Andri mengatakan:

    Aku prudusen gula merah tebu, bulanmaret mula produksi lagi, anda minat produk kami?

    • kusman mengatakan:

      saya tinggal di kabupaten lahat sumatera selatan,berminat untuk membuat gula tebu.sudilah kiranya bapak andri berbagi ilmu .

  19. hermansiagian mengatakan:

    pak, teman saya petani aren tradisionil. sudah mencoba membuat gula merah. tapi hasilnya tidak memuaskan (tidak mengeras dan tidak mengkristal). Dia coba minta tolong pada saya untuk mencarikan informasi. nah oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya minta tolong bagaimana caranya membuat gula merah agar cepat mengeras dan mengkristal. informasi bapak akan saya sampaikan ke petani gula merah yang ada di pelosok pandeglang. Mudah-mudahan informasi dari bapak dapat berhasil diterapkan disini. Kiranya Tuhan menyertai bapak selalu. shallom.

  20. yoky mengatakan:

    @gunawan lahidin lam knal,penggunaan minyak sayur untuk mepes(jika nira hampir masak biasanya membentuk busa dan akan tumpah dari tempat penggodognya) saya selaku penghasil gula kelapa biasanya memakai 10ml minyak sayur pada pembuatan gula sekitar 15 kg…

  21. Fairus mengatakan:

    Kenapa namanya gula merah?
    Padahal fisiknya adalah warna cokelat. ada yang tahu historynya seperti apa?
    Kenapa bisa gula itu mempunyai nama Gula Merah, sementara warna aslinya cokelat?

    • herman mengatakan:

      Pak Fair, kalau gula coklat orang akan terbayang unsurnya pasti coklat, namun kalau dilihat dari buahnya yg matang juga berwarna merah

  22. gulamerahmb mengatakan:

    kini gula merah MB telah memiliki website sendiri, silakan kunjungi:

    http://gula-merah.co.id/

  23. Sandy Rachmad mengatakan:

    Saya juga petani Gula Merah Kelapa di Banyuwangi, bila ada yg berminat untuk membeli Gula kelapa produksi saya bisa hubungi 087857414161

  24. Arek suroboyo mengatakan:

    Apa efek mengkonsumsi gula merah scra lebih dari biasa.?? Mohon jawabannya

  25. pulzzahut mengatakan:

    kalo gula merah dijadikan gula pasir bisa gak ya

  26. itha mengatakan:

    gimana dengan gula yang terbuat dari pohon siwalan???apakah sama dengan gula aren??

  27. Itno Moet mengatakan:

    bagaimana dengan gula merah yang terbuwat dari pohon siwalan???apakah lebih bagus dari gula aren???

  28. bawa mengatakan:

    kami produsen gula merah yg bisa di bilang kwalitasnya sangat baik, di produksi masih sangat tradisional dan tanpa bahan pengawet yg seperti orang bilang dan kami pun sebenarnya tidak tau bahan pengawet apa yang digunakan, dan bisa di cek langsung kelokasi bagi yang bermiant,

  29. Tobing179@yahoo.com mengatakan:

    Saya perlu gula merah kelapa,kalau ada yg punya stok,bisa Hub saya HP 0818722170, email tobing 179@yahoo.com.ditunggu kabarnya,terima kasih atas perhatiannya

  30. Ali Makassary mengatakan:

    Gula merah siwalan, tanpa pengawet, pewarna, pemanis buatan. tahan sampe berbulan-bulan. Yang berminat, silahkan hubungi 08 2332 6446 83

  31. ilmi mengatakan:

    apa kah ada gula merah yang menggunakan boraks untuk sebagai pengawet ?terima kasih

  32. Rizal mengatakan:

    kami mempunyai produksi gula merah tebu segala macam olahan,dari awur sampai batok kelapa,produksi di Kediri
    cocok buat wirausaha atau dijual lagi
    jika berminat atau mau tanya-tanya silakan hub.085856455962 atau email saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: